in

6 Fakta Timnas Curacao, Lawan Indonesia di FIFA Matchday

Timnas Indonesia akan menjalani 2 laga persahabatan melawan Curacao

PSSI secara resmi telah mengumumkan calon lawan Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday September mendatang, adalah Curacao, sebuah negara dari Amerika Tengah yang akan menantang Timnas Indonesia.

Pertandingan tersebut rencananya akan digelar dua kali. Pertandingan pertama digelar 24 September 2022 di Stadian GBLA Bandung. Sedangkan pertandingan kedua digelar pada tanggal 27 September 2022 di Stadion JIS Jakarta.

Terealisasinya pertandingan ini tentu saja menjadi perkembangan yang baik untuk sepakbola Indonesia. Terlebih Timnas Indonesia sangat jarang berjumpa dengan negara-negara dari benua Amerika. Apalagi saat ini Curacao berada diperingkat 100 besar FIFA.

Mungkin bagi sebagian besar orang Indonesia, Timnas Curacao masih terdengar asing. Apalagi mereka juga belum pernah berpartisipasi dalam piala dunia. Nah, kali ini kita akan bahas 6 fakta Timnas Curacao yang harus kamu ketahui.

1. Sejarah Berdirinya Timnas Curacao

Debut Curacao dimulai pada tahun 1924, waktu itu mereka masih bernama Teritori Curacao. Kemudian pada tahun 1954, Teritori Curacao menjadi bagian dari Antillen Belanda, negara yang berada dalam Kerajaan Belanda.

Perubahan ini juga berdampak pada Timnas Curacao yang berganti nama menjadi Antillen Belanda. Selanjutnya pada 2011 Antillen Belanda secara resmi dibubarkan.

Setelah Antillen Belanda bubar, nama Curacao muncul dalam keanggotaan FIFA pada 2011, sebagai penerus dari Antillen Belanda. Pertandingan perdana mereka sebagai Timnas Curacao terjadi pada Agustus 2011 melawan Republik Dominika. Pertandingan ini berakhir 1-0 untuk kemenangan Curacao.

2. Anggota Concacaf

Curacao merupakan anggota dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia atau bisa kita kenal dengan sebutan Concacaf.

Beberapa negara besar yang tergabung di konfederasi ini antara lain Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

3. Peringkat 84 FIFA

Meskipun Curacao merupakan negara dengan luas yang relatif kecil, tetapi secara peringkat FIFA mereka jauh mengungguli Indonesia. Pada saat artikel ini diterbitkan (20 Agustus 2022), Timnas Curacao berada pada peringkat 84, sedangkan Timnas Indonesia berada di peringkat 155.

4. Peringkat pernah dibawah Indonesia

Pada Desember 2003, Curacao berada pada posisi terburuk mereka sepanjang sejarah keanggoatan FIFA, yaitu peringkat 188. Pada tahun yang sama, Timnas Indonesia berada di peringkat 91.

5. Pemain Mayoritas Bermain di Eropa

Mayoritas pemain Timnas Curacao bermain di Eropa, seperti di Belanda dan sebagainya. Hal ini patut menjadi perhatian oleh pemain Timnas Indonesia, sebab mereka terbiasa dengan teknik bermain ala Eropa.

6. Prestasi Tertinggi Curacao

Curacao belum pernah memenangi kompetisi besar. Prestasi terbaik mereka ialah 2 kali peringkat 3 Concacaf Gold Cup (setara Piala Asia) pada tahun 1963 & 1969. Pada edisi Gold Cup 2019, Curacao mampu menembus babak perempat final, sebelum akhirnya kalah 0-1 dari Amerika Serikat.

Sedangkan untuk turnamen yang lebih kecil, Curacao tercatat pernah memenangkan Caribbean Cup (Kejuaraan antar negara Sub-Konfederasi Karabia atau CFU)

Nah, itulah beberapa fakta tentang Timnas Curacao. Bagaimana prediksi terkait pertandingan Timnas Indonesia vs Timnas Curacao September 2022 nanti?

What do you think?

Written by Rembulan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

11 Hotel Terbaik Di Bogor. Cocok Untuk Liburan!