in

7 Tips Ampuh Agar Kamu Lolos CPNS 2021

Kata sebagian orang, lulus CPNS itu cuma untung-untungan belaka, padahal jika tau tipsnya, kamu bisa merubah keberuntunganmu.

Gambar via Exam.net

Kata sebagian orang, lulus CPNS itu cuma untung-untungan belaka, tidak perlu kemampuan khusus, jika kamu beruntung, ya lulus. Jika tidak, monggo silahkan diulang lagi tahun depan. Itu. ~kata sebagian orang.

Tapi kami percaya tidak ada keburuntungan yang datang begitu saja, keberuntungan hanya menghampiri bila kesempatan bertemu dengan kesiapan. Bila tidak, jangan berharap lebih.

Oleh sebab itu, guna meraih keberuntungan tersebut, berikut kami sampaikan 7 tips yang bisa kamu lakukan guna memperbesar peluangmu untuk lulus CPNS.

1. Pilih Jabatan Yang Sesuai Kemampuanmu.

Biasanya tidak semua jabatan memiliki jenis tes yang sama. Terkadang ada yang full CAT, ada yang membutuhkan wawancara, ada yang membutuhkan tes praktek, ada juga yang membutuhkan tes fisik. Tergantung dari kebutuhan masing-masing instansi.

Oleh sebab itu, pilihlah Jabatan yang dirasa cocok dengan kemampuanmu. Sebagai contoh, jika fisikmu tidak cukup kuat, jangan pilih Jabatan yang membutuhkan fisik yang kuat, itu namanya sia-sia.

Biasanya ini sudah dijelaskan dalam surat edaran yang dikeluarkan oleh masing-masing instansi, jadi sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu sebelum kamu menentukan pilihan.

2. Siapkan Diri Sesuai Jenis Tes Yang Akan Diujikan

Bila kamu sudah menentukan pilihan, saatnya mempersiapkan diri. Persiapkan diri sesuai dengan jenis tes yang akan diujikan. Sebagai contoh, Jika saat SKB memiliki tes fisik, berarti jauh-jauh hari kamu sudah harus latihan fisik, seperti lari, angkat beban, dan sebagainya. Begitu juga dengan jenis tes lainnya. 

3. Pelajari Tugas dan Fungsi Dari Instansi Yang Kamu Pilih

Jaga-jaga bila ini ditanyakan saat SKD atau SKB. Kamu bisa pelajari dari landasan hukum yang mengatur tentang instansi yang kamu pilih. Bisa berupa undang-undang, peraturan pemerintah, atau sebagainya.

4. Belajar Contoh Soal Dari Buku

Ini sangat penting, terlebih bila ini pertama kalinya kamu mengikuti tes CPNS. Dengan belajar dari buku, kamu bisa memiliki gambaran terkait soal-soal yang akan diujikan nantinya. Apalagi biasanya contoh soal yang ada di buku memiliki tipe soal yang mirip dengan ujian CPNS di tahun-tahun sebelumnya. 

Selain mendapatkan gambaran tipe soal, dengan sering berlatih, kecepatan kamu dalam mengerjakan soal juga akan meningkat.

5. Belajar Dari Contoh Aplikasi

Bila kamu tidak ada waktu untuk pergi ke toko buku, kamu juga bisa belajar soal CPNS dari aplikasi yang di handphone. Ada banyak sekali aplikasi tentang kumpulan soal CPNS, kamu bisa pilih salah satu. Keuntungan lain menggunakan aplikasi ialah kamu tidak perlu repot membawa buku di dalam tas, sebab dimanapun kamu berada, kamu bisa belajar melalui handphone.

6. Rileks Saat Ujian

Percaya atau tidak, saat mengikuti ujian CPNS dibutuhkan mental yang kuat. Sebab, kamu akan berpacu dengan waktu saat menjawab soal demi soal. Makanya sering kita jumpai seseorang yang dianggap pintar dilingkungannya, justru gagal saat mengikuti ujian CPNS. Bisa jadi karena mentalnya tidak siap saat ujian.

Seseorang yang tenang saat ujian cenderung memiliki peluang lulus lebih besar ketimbang mereka yang tidak. Sebab dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab setiap soal, sedangkan waktu yang diberikan hanya sedikit. Oleh sebab itu, ketenangan dalam mengerjakan soal akan sangat membantumu dalam menemukan jawaban yang benar.

7. Minta Restu Kepada Orang Tua/Keluarga

Sesuatu hal yang dilakukan dengan doa dari orang tua/keluarga tentu lebih baik ketimbang yang tidak. Tidak ada salahnya sebelum ujian kamu meminta restu kepada orang tua/keluarga, berharap bahwa langkah kamu dimudahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Nah itu 7 tips yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar peluang lulus CPNS. Jika kamu memiliki tips lain, silahkan sampaikan dikolom komentar ya.

What do you think?

Written by Rembulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

VOTE : Siapa Yang Akan Juara BRI Liga 1 2021/2022?

10 youtuber dengan subscriber terbanyak di indonesia

10 Youtuber Dengan Subscriber Terbanyak di Indonesia tahun 2022